Tangga Joker vs Tangga Kimi No Nawa

Ok ok… Awalnya, perspektif liat gambar ini ya lucu lucuan aja. Scene joker joget joget di tangga ini kan, iconic sekali bukaan…. Dan itu scene favoritku sepanjang film.

Sama kaya film Kimi No Nawa, set scene tangga-nya joker ini beneran ada. Lokasi ketemu dan diserbu fans deh. Buat foto foto mejeng di instagram lah ya. Jadii raame… Ternyata penduduk lokal terganggu nempel poster larangan di beberapa spot, “It is disrespectful to treat our community and residents as a photo opportunity for your social media or ‘it’ moment. This is real life, not a movie and we’re not jokin’.” (!!!)

Makin panas, kemarin ada beredar video, turis yang ke sana buat foto foto, dilemparin telur sama penduduk lokal. Ternyata dia itu pemilik toko di daerah sekitar tangga. Di video itu dia teriak “Y’all not spending no money in my store, but come and take pictures. Get the f*** out of here!” uhh!!

Ternyata menurut Alexandria Ocasio-Cortez (besar di Bronx dan sekarang U.S. Representative for New York’s 14th congressional district) tangga Joker di daerah Bronx ini dulunya tu tempat yang emang mesti dihindarin.

Lain dulu lain sekarang kah? Ya gimana yaa.. Kan masih di Bronx 😶

Gimana sama tangga Kimi No Nawa? Tangga ini ada di Shinjuku, ada tengah – tengah kompleks pemukiman penduduk juga. Lokasinya persis di sebelah kuil, Suga Shrine. Pas aku kesana (2019), masih banyak aja yang lagi foto-foto. Pasti pas filmnya booming (2016an), tangga ini lebih rame lagi. Tapi kayanya adem adem aja ni penduduk. Disana ada vending machine (tetep) buat turis kalo mau istirahat (jalannya lumayan dari stasiun terdekat), trus papan papan buat persembahan gantung-gantung doa-nya Suga Shrine ini pun udah didekor ada gambar tangga versi di animasi kimi no nawa (klo mau gantung papan doa ini mesti bayar buat dapetin papannya). Tapi ga tau ya mereka kalo beli bener buat doa apa engga, rata-rata dipapan isinya malah orang gambar2 karakter taki kun ama mitsuha xD.

Jadiii kesimpulannyaaaa?? Wibu lebih bahagia? 😛 ga deng. Mungkin petugas setempat bisa bikin usaha mikro… di tangga Joker klo mo foto bisa ditiketin berapa menit, jasa sewa kostum, jasa make up, foto langsung jadi, ada sesuatu yang bisa nunjukin “i was here” tapi bayar, oh ada jual merchndise, ada joker joker mejeng klo foto bareng bayar dll.

Sehingga everybody happy kan ^^

Leave a comment