Seleksi Alam Pertemanan

Siapa yang belom pernah berantem sama temen?

Berantem yang perang dingin, perang ngemeng by text, kompor, adu bacot, gebuk bantal?

Klo belom pernah blesssss yiuuuu…!! Semesta mendukung dan menjaga pilihan pertemanan kamu di jalur yang baik dan benar.

Kalo akoo pernah banget berantem sama temen. Sering haha. Dan seringnya sih klo sama cewe ya.

– SD, brantem ama temen deket, tapi yang heboh mamanya. Di sekolah 2x didatengin dan dimarahin mamanya temen yang berbeda di publik. Hahah malu maluin.

– SMP, jauh dari temen deket karena dikomporin temen baru. Ada juga pernah dilabrak sama geng sendiri, karena egois, gongnya pas ngeliat cover cd kelamaan. Haha.. But thanks.

– SMA… Mmmmm… Aku perna brantem sama semua cowo di kelas, karena ngumpulin tugas -.- tapi ini ga diitung kan bukan temen deket. SMA apaa yaaa…. Yaa kelas baru ganti temen baru aja sih tapi pas kelas 3 bersatu padu jadi geng senior malak adek kelas #eh

– KULIAH, sama tu, karena punya temen baru, jadi ga main sama temen yang lama. Yaap padahal ga ada konflik juga, cuma karena ada satu matakuliah, jadi deket sama temen-teman matkul ini. Waktu itu yang marahin senior, “putu ko ga perna main sama si xx lagi.. Dia bilang tu putu klo temenan kaya baju, kalo udah bosen ganti”, dan itu 2x deh jaman kuliah. Temen komplenya ke orang lain, jadi ditegornya malah ama si orang lain itu, bukan si temen. Biasanya aku jadi ilfil. Lagian ngga komplennya ke aku langsung sih.

– KERJA, biasanya klo brantem karena si sono boong, muka dua. Hii mulai drama mulai malesin. Beneran konfliknya.

Yapp semua kejadian itu selalu ama cewe. Adaa ajaa konfliknya klo temenan ama cewe. Soalnya, sejauh ini temen temen deket klo ama cowo masih stabil stabil aja si.

Wait.. Temen deket tu yang kaya apa sih?

Jelas bukan temen main. Karena temen main tu sekedar temen hore aja. Ngga ada kualitas sampe jiwa #eaaa

Temen deket menurut aku tu… Yang secara kuantitas si jarang interaksi, tapi sekalinya ketemu (langsung or by text) yaa kaya temen yang kualitasnya sering ketemu aja. Ngga basa basi mulai obrolan. Ngga awkward pas uda ketemu setelah sekian kian lama. Cerita ini itu… Open open aj. Betah berlama lama dengerin. Ngobrolnya udah punya bahasa sayang tersendiri. Ga usah jaim jaim. Se- frekuensi. Bisa dipercaya.

Makasih buat temen temen keluh kesahku… Yang mau keluh kesah ke aku juga. Makasi suda percaya sama aku.

Oke kembali ke topik SELEKSI ALAM PERTEMANAN. Ada satu kalimat yang aku suka deh, “blessing in disguise”.

Dengan berantem sama temen tu pada akhirnya kita masing masing diliatin kualitas temen kita itu.

Yang kalo sekedar konflik, klo emang bisa baikan ya bakal baikan. Tapi kalo udah masalah engga se-frekuensi, wah itu yaa susah. Ngga nyambung udah aja.

“Seleksi alam.. Ya bakal ngejauh sendiri satu satu” itu kata temen beberapa hari lalu. Ngebahas kalo dulu deket, temena sama si A si B.. Trus sekarang engga lagi. Dulu ni orangnya tu gini, kok sekarang dia gitu. Apa dari dulu sebenernya karakternya gitu, tapi pura – pura gini aja, biar tetep temenan?

Tapi kalo pura pura mo ampe kapan? Fake terus kasian. Susah lho bertemen klo ngga apa adanya, maksain aja. Cape. Pas mulai keliatan aslinya, saatnya sama sama menjauh. Yang satu ga diboongin, yang satu ga cape pura-pura. Jadi brantem tu jadi solusi. Semakin cepet ketauan ga cocoknya, semakin baik buat kesehatan.

Bertemen pokonya jangan ada unsur pura pura-nya aja. Pura pura sepakat, pura pura kompak, pura pura happy. Jangan, karena itu maks. Kalo dipaksain akan mengganggu kesehatan kedua belah pihak. Toxic jadinya.

Yap ada pertemanan sehat, ada juga pertemanan toxic.

Satu hari aku agak mayan limbung denger cerita temen :

“Waktu itu aku mo tobat karena masih deket deketnya main sama kalian kalian, tapi sekarang (uda jaran main) jadi gitu lagi”

Satu dan lain hal, aku berasa nymbang salah juga karena circle pertemanan udah meluas. Tapi di sisi lain, si temen ini bisa bebas bernafas juga. Tapi apa iya dia jadi bergabung dalam fase pertemanan toxic?

Jad ada istilah semarangan :

“ojo bolo bolonan.. Bolo bolonan bolone setan”

yang artiny, klo temenan ga usah milih milih, yang milih milih temennya setan. Kata orang tua juga, bertemanlah seluas luasnya. Yap itu bener. Tapi semakin gede kalian bisa naker kan, seberapa kadar kalian mudah terinfluens terhadap sesuatu. Kalo mentalnya kuat, ngga gampang masuk terpengaruh yang negatif yang bikin orang tua khawatir sih nggapapa main sama sana sini. Taapii kalo kayanya kalian tipikal mudah terbawa suasana, kayanya pilih pilih temen, pilih pilih lingkungan pergaulan tu penting.

Umur ngga bikin orang jadi bijak juga sih memilah pertemanan. Pengalaman juga kadang memyesatkan. Paling umum ya manusia itu mesti cidera karena pilihanya sendiri. Baru deh biasanya sadar. Biasanya loh yaa.. Masi banyak juga yang batu.

Pokonya, dalam pertemanan jadi diri sendiri aja, ngga usah mikir susah susah untuk jadi karakter lain. Dimana hari hari bikin skenario jaim demi stay di karakter buatan itu tadi. Bertemen sama si ini biar jeliatan keren, tapi repot. Itu juga ga faedah. Berteman itu yang bikin tenang dan menenangkan. Berteman yang bikin kualitas kita masing masing makin baik aja sebagai manusia sosial. Anti palsu palsu club.

Leave a comment