Tsuru No Yu Onsen !!! (First time onsen)

Trip ke Jepang tahun ini yang jadi hilite adalah, anime dan onsen. Untuk onsen ini sendiri, pengambilan keputusannya, yang paling banyak menghabiskan waktu. Karena ini akan menjadi onsen perdana, jadi harus special.

Pertama yang harus kita pelajari soal onsen adalah “Tata krama Onsen”

Penting!! Buka baju di dressing room, taro baju di kranjang/ loker. Mandi dulu sebelum nyebur di tempat onsennya.. Bukan di kamar, sabunan, kramas. Nyemplung pelan pelan. Udahannya ngga usah mandi lagi tinggal dilap.

Oke!!Dari semua pilihan : hakone, dogo onsen, shima onsen, kusatsu, mungkin osaka, kyoto kali ya, sampe cek ini juga :

http://www.secret-japan.com/onsen/location/japan.php

Setelah googling2, liat-liat vlog, ternyata kandidat terkuat adalah ke Tsuru No Yu onsen. Airnya paling beda sih, di sini airnya milky kaya susu. Engga bening kaya di hot spring2 lainnya (yang aku tau tapi ya). Baguss banget deh kalo liat di youtube.

Tsuru no yu juga satu yang tertua dari 8 hot spring di kawasan Nyuto Onsen, di daerah Semboku, Akita.

Tak disangka sebelum ke tsuru no yu, hotel aku juga udah ada onsennya.

1. Apa villa hotel nagoya

Ini jadi tempat perdana hot springs, liat tante2 naked di dressing room jadi keder. Takut takut salah gitu. Tapi bodo amat kan, udah belajar onsen onsen etiket. Dan baru tau kalo selesai onsen, badan jadi anget anti adem masuk angin.

2. Tazawako Hotel, Akita

Di sini ada hotsprings indoor gede dan outdoor kecil. karena badan jadi anget, pas ke outdoor jadi tak masalah.

Oke kembali ke tsuru no yu, karena pengen santai – santai, kita pengennya tinggal di ryokannya sekalian. Untuk harga ryokan + hot springsnya tsuru no yu, cukup yaa.. okelah. Permasalahan dimulai.

1. Ngga tau bookingnya gimana

Jadi klo kita buka web-nya :http://www.tsurunoyu.com/english.html

Ngga ada pilihan booking. Cari di web lain juga, ngga ada tanda tanda ada. Mana all web jarang yang english version, pusing duluan. Tapi emang ga ada menu booking.

Ternyata jalan satu satunya adalah menelepon. Yak telepon ke jepang, yang kena roaming itu.

Yaudah, demi.

Isi pulsa dulu.

“Moshi.. Moshi..”

Telepon waktu itu sekitar jam 2 siang-an, yang angkat ga bisa bahasa inggris pulaa -.- !!! Yang bisa bahasa inggris baru dtg jam 8 mlm (jam 6 waktu indonesia) yauda oke.

Call ended. Ngga ada 2 menit pulsa abis 25rb-an. Ya oke.

Jam 6 sore telepon lagi, dan hasilnya :

Tanggal yg kita mau all full booked, sebulan april bahkan udah full.

Ternyata di Tsuru No Yu onsen ini minimal bookingnya 6 bulan sebelum!! Huaaa!

Jangan kuwatir, akhirnya perkara ryokan bisa di pecahkan. Jadi kita nginep ryokan/hotel lain, karena kita bisa dateng ke tsuru no yu pas jam Day Trip : 10 am – 15pm.

Dewasa bayar : 600yen// Anak – anak : 300 yen. Beres…. Eh tapi….

2. Cara kesananya gimana

Ini lho lokasi tsuru no yu onsen :

Naik shinkansen, trus naik bus, trus jalan kaki 54 menit. Whaaaaaatt!!!!?????

Thanks to 2 video youtube ini yang sedikit memberi pencerahan di awal tentang tsuru no yu.

Tapi masih bikin pusing juga sih, kepikiran jalan kaki 54 menitnya ituu loh!!! Kalo baca-baca, rata- rata yang kesana tuh booking ryokan juga, jadi dijemput shuttle bus. Untuk day trip kok ngga ada info.

Kalo yang day trip biasanya naik mobil sendiri ato naik taksi.

Opsi taxi, buat kaum proletar seperti hamba ini, mahaaaaal banget bokkk. No thanks!! Masaa ngga ada angkutan umum?

Baca – baca lagi deh, beberapa blog, baca komen – komen di trip advisor, liat yutub, tetep aja infonya : kalo ngga nginep ngga dapet fasilitas shuttle bus ke tsuru noyu. Mulai panik, yhaah pasrah naik taxi deh.

Akhirnya aku japri-japriin –yap kirim private message– ke orang yang komen tentang tsuru no yu di tripadvisor, cari email orang yang perna upload di youtube, kirim DM ke IG orang yang pernah posting dateng ke tsuru no yu. Demi mencari info valid.

Rata-rata mereka semua sewa ryokan dan naik mobil. But thanks to Ibu Pigletthepug. Karena dia cukup memberikan harapan, bahwa ada bus yang loop ke nyuto onsen for free untuk Day Trip!! Mana dia orang indonesia pula. Walaupun kalo baca lagi, emang, ada bus yang loop ke nyuto tapi engga sampe depan tsuru no yu, cuma belokannya aja, dan dari situ, masih jalan kaki 25 menit.

Gimana dong? Akhirnya nekad!! Brangkaatt!!

Tah – Dah!! Ternyataaa… ngga se-rumit yang aku kira, alias gampill banget buat pergi ke tsuru no yu ini!!! Sepele!! Haha..

1. tokyo —> tazawako station (pake akita shinkansen, 3 jam-an)

2. Tazawako station —> alpa komakusa/ arupa komakusa (naik bus, 25 menitan) 620 JPY

Ini ni halte terdekat tsuru no yu, kalo naik bis. Dari sini jalan kaki, 25menit lagi

3. Alpa komakusa —> tsuru no you (shuttle, 15 menitan) – Free !!!!

Pulangnya? Ya sama tinggal direverse.Gampang kaaaan!!!

*Waktu itu dari tazawako station, kami dijemput mobil dari ryokan, lumayan. Jadi malem stay di ryokan lain dulu, trus check out, paginya tinggal jalan kaki ke alpa komakusa cuma 5menitan.

Yang perlu diperhatikan adalah jam-jamnya!!

Yang kiri ini keberangkatan dari tsuru no yu, kira – kira 15 menitan perjalanan. Yang kanan jalan dari Alpa Komakusa. Tapi stanby spare lebih duluan nyampe aja ya, shuttlenya suka langsung ngacir!! Ini info untuk day trip ya!! Kalo nginep di ryokannya sih tinggal telepon aja, minta di jemput jam berapa aja.

View sepanjang perjalana ke Tsuru No Yu. Indaaah. Ga nyangka bakal masih seputih ini sih. Kurang beres googlingnya. Jadi surprisee sekali.

Ok ok.. Sudah sampai deh. Waktu itu aku sampe jam 9.55an. Langsung aja jalan lurus ke dalem, paling ujung sebelah kiri adalah “loketnya”.

Ngambil dari google (super excited masuk ampe ngga fotoin depannya proper)

Ada sedikit tips nih :

1. Bawa handuk sendiri (handuk besar/handuk kecil) dan sarung/ kain pantai.

Kenapa? Karena engga ada sewa handuk, adanya beli, di tsuru no yu itu handuk kecil aja 250Y, yang gede kalo ngga salah 1000an, lupa ih udah keburu kaget duluan :pHanduk kecil aja cukup sih buat keringin badan. Kalo sarung/ kain ini buat keluar ke outdoor bath, kalo yang cewe only sih ya ngga papa ngga pake kain. Tapi di tsuru no yu juga ada outdoor mix bath, yes cewe cowo. Jadi kalo bawa kain,bisa nyemplung dulu, baru copot kainnya.

2. Kimono/ daster :p

Baju yang ngga rumit lah pokonya, karena kan di tsuru no yu itu ada 3 jenis air. Jadi kalo kamu pake long jonh, sweater, kemeja, celana, coat buat pindah pindah agak capek aja. Pas pindah pindah ngga usah kawatir dingin. Kalo udah berendem di satu tempat, badan udah jadi anget kok. Jadi untuk pake baju selapis buat pindah ke bath jenis air yang lain ngga akan kedinginan. Sepatu juga si agak rempong sebenrnya. Enak make sendal. Buat pindah pindah.

Oke oke sekarang kita bahas jenis jenis pemandiannya. Ets jangan lupa, onsen atau hot springs ini seringanya terpisah, iya dibagi dua ya, for men :

Dan for woman : (cewe ngapalinnya kaya orang kebelet pipis)

Jangan salah masuk ya!! Dan kebanyakan, hot springs ini ngga nerimA orang bertattoo. Pernah iseng nanya ke temen orang osaka, kenapa sih orang tattooan jarang diterima di onsen, bukannya tentang kesehatan atau apa, malah jawabannya : YAKUZAA!! Hahaha ngga tau deh, itu jawaban, ato bencanda 😶.

Pemandiannya nyebrang sungai dibalik semak

1. Kuro yu (paling kiri)Kuro yu untuk female bath nyambung ke outdoor bath yang hanya khusus female.

Ambil dari google, karena jaga privasi ga enak bawa bawa hp. Dan kemarin masih aja salju, tapi engga setebel ini

Di sini ada loker buat naro barang berharga, jadi di keranjang buat naro baju dan handuk aja. Ini yang aku bilang tadi, bakal pindah -pindah. Untuk menuju ke outdoor, kalo pede ya cuek aja keluar naked kan khusus cewe, dan mereka bodo amat, ga akan meratiin juga. Tapi kalo malu ya itu tadi, pake kain/ handuk besar, dibuka sebelum memasuki air ya. Dan ditaro dipinggir kolam. Di situ ada kuil kecil didalemnya ada banyak patung penis, didepannya juga ada patung penis gede, untuk memohon kesuburan.Di sini berendam sebentar di dalem, kalo badannya udah anget, langsung keluar deh, berlama – lama sambil bengong. Karena viewnyaa indaaah sekali, kebayang deh kalo pas winter 💗

2. Shiro yu

Ada cerita lucu sih di sini. Ini indoor aja ya dan jadi kolam pertama yang aku cemplungin.

Awalnya lagi bilas bilas (itu air pancurannya super dingin ya, jadi campurin di baskom sama air kolam biar anget) trus ada ibu-ibu masuk langsung nyebur, diaa langsung teriak “atsuiii” ngga tau kenapa aku reflek “slowly…” masih sambil bilas bilas. Trus ibunya coba lagi, masukin kaki pelan pelan, dan tetep kepanasan. Akhirnya ibu itu nyerah dan nyuruh aku cobain (ngobrol pake bahasa body). Aku masukin kaki pelan pelan, dan wooo iyaaaaaa paaanaasss bangettttt!!! Kita ketawa ketawa kaya orang bego. Ibu itu tadi akirnya keluar. Akunya kaya sayang banget masa nyerah, secara ini kolam pertama aku. Akirnya bilas bilas dulu, air dingiinya dikurangin.. Lama deh, dan akhirnya aku berhasil berendem. Cuman bentar tapi, berasa mendidih bok. Kepanasan abess!!

3. Taka no yu (paling kanan)

Kalo ke sini lewatin mix – bath, jadi ngintip – ngintip dikit apa yang terjadi di sana. Dan ternyata cowo semua. Hehe… Kayanya ngga tertarik gabung juga sih. Soalnya ngga bawa handuk gede/ kain juga.

Ambil dari google
Dari google jugak

Taka no yu indoor juga, aku tak punya fotonya karena pas udahan mau foto foto eh ada turis india masuk. Dia unik sih, dan kayanya ini kolam pertamanya, jadi sebelum nyebur, dia guyurin dulu beberapa baskom air dingin dari pancuran ke kolam, biar ga kaget kali ya. Tapi engga boleh gitu kata onsen etiket (nah lo)

Cuma ya karena kolam perdana yang aku cemplungin tu yang pualing puaaannas duluan, yaa jadii di tempat lain kaya : sepele. Oke itu jadi my personal tips deh!!

Udah deh, badan anget seger, kulit lembuuutt!!!! Karena walaupun airnya warnanya mirip mirip, tapi kandungan sulfur dan asamnya beda beda.. jenis air di tsuru no yu ini bagus buat kecantikan, pemulihan luka, dan relaksasi.Kita selesai jam 11an jemur – jemur anduk dikit dan foto – foto. Siap – siap shuttle bus jalan jam 11.40.

Haaa… Satu pengalaman yang ngga bakal dilupakan sih. Iya jauh, tapi baguss dan indah bangett 🙂 next time harus ulang lagi.Oke mari kita kembali ke tokyo. Terima kasih banyak tsuru no yu ai laff yu!!

Leave a comment